19 May 2010

Ciri Orang yang Terdidik

Pantaskah seseorang yang memiki ilmu tinggi/banyak pengetahuan itu menyombongkan diri? Tentu saja tidak. Biar bagaimanapun manusia itu sama di sisi sang pencipta, tidak ada perbedaan. Namun kita tidak menyadarinya ketika pengetahuan orang tua kita lebih sedikit dari kita, kita seakan-akan merasa orang yang paling benar ketika ada perbedabatan dengan orang tua. Ini masalah dengan orang tua, tapi bagaimana dengan seorang teman?

Haruskah kita meremehkan mereka saat sedang berbicara mengenai suatu topik pembicaraan yang tidak mereka kuasai betul? Sebagai manusia yang berakal hendaknya kita menghargai pendapat dan kemampuan mereka walaupun apa yang mereka katakan itu kurang tepat, kita harus menghargai dan berusaha untuk memperbaiki dengan cara yang halus agar tidak menyinggung perasaan mereka. Siapapun pasti marah jika pendapat yang kita lontarkan tidak dihargai atau ditertawakan.

Kembali ke orang tua, ketika basic pendidikan orang tua kita lebih rendah dari kita. Misalnya salah satu orang tua kita hanya tamat SMP sedangkan kita adalah seorang mahasiswa. Sebagai orang yang terdidik kita harus menghormati dan menjaga perasaan orang tua kita. Mereka lah yang merawat kita dan memberikan kasih sayang yang tulus hingga kita seperti ini. Tanpa mereka kita tak mungkin bisa bertahan hidup. Jadi intinya, kita harus mensyukuri segala sesuatu yang diberikan kepada kita dan berusaha untuk tidak menyombongkan diri dengan yang kita miliki karena semua itu hanyalah titipan dari sang Tuhan.

Semoga kita, khususnya Saya sendiri termasuk orang yang bersyukur dan bukan orang yang senang menyombongkan diri dengan segala kelebihan yang diberikan kepada kita.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More