01 October 2010

Mulailah dari Sekarang (English Conversation)

Ini merupakan kebiasaan baru dan kebiasaan yang tak terduga karena timbul oleh motivasi untuk mencapai cita-cita. Walaupun cita-cita itu kadang terlalu berlebihan, hehe. Sejak lulus sekolah menengah atas dan sudah mengenal dunia pendidikan diperguruan tinggi tiba-tiba saja ada motivasi untuk menguasai bahasa internasional, yaitu bahasa inggris.

Bahasa inggris merupakan bahasa dunia yang harus dikuasai oleh setiap orang untuk berkomunikasi dengan warga negara asing di seluruh belahan dunia. Maka dari itulah motivasi tersebut lahir. Yah, minimal bisa cas-cis-cus seperti native language.

Berbagai cara aku lakukan seperti membuat flash card yang isinya ada 5 kata/phrase dalam bahasa inggris kemudian di balik kertas tersebut tercantum arti dari tulisan tersebut. Alternatif ke-2 yaitu sering mendengarkan lagu-lagu berbahasa inggris dan nonton film-film dalam bahasa inggris. Cara ini juga ampuh untuk melatih speaking atau pengucapan-pengucapannya. Untuk film-film berbahasa inggris sebenarnya sudah menjadi kebiasaan ku waktu masih kecil. Bahkan aku sering menirukan ucapan-ucapan yang mereka lontarkan walaupun pada waktu itu aku tidak tahu sama sekali apa artinya dan benar atau salahnya. hehehe.

Ada cara yang lebih effektif untuk melatih kemampuan bahasa inggris kita. Menerut para ahli bahasa bahwa bahasa itu adalah skill atau keterampilan. Jadi ketermapilan bisa kita wujudkan dengan latihan dan kerja keras. Cara yang paling effektif agar bisa ngomong bahasa asing tersebut adalah dengan cara kita berada dilingkungan yang memakai bahasa yang ingin kita kuasai. Tidak harus pergi ke Luar Negeri untuk menemukan suasana atau lingkungan yang sesuai. Contoh sederhada adalah dengan cara membiasakan untuk berbicara bahasa asing kepada diri kita sendiri, lebih baik jika kita punya teman yang satu tujuan. Kita bisa mempraktikkannya secara langsung. Syaratnya harus PeDe.

Alternatif lain kita bisa masuk ke english club conversation atau komunitas bahasa inggris yang ada di sekitar kita. Cara lainnya adalah dengan mengikuti kursus bahasa inggris yang memberikan garansi hingga kita mampu berbahasa inggris.

Sebenarnya aku juga masih dalam proses pembelajaran, seperti diatas yang sudah aku sebutkan, berbagai cara aku tempuh untuk meningkatkan bahasa inggris ku. Termasuk mendaftarkan diri sebagai learner dalam sebuah lembaga kursus bahasa inggris yang berpusat di Denpasar tapi belajarnya everywhere dan everytime, pokoknya fleksibel lah.

2 comments:

betul banget mas, harus dimulai dari sekarang memang :D

English Teachers Urgently Required !!!

A fast-growing National English Language Consultant is hunting for professional English Tutors with the following qualifications:

i. Competent, Experienced, or Fresh Graduate
ii. Proficient in English both spoken & written
iii. Friendly, Communicative, & Creative
iv. Available for being placed in one of the following branches:
a. Bandar Lampung, Jln. Ahmad Yani No 7 A Bandar Lampung, Telp: 0721-261135
b. Denpasar, Jln. HOS Cokroaminoto No 66 Block B, C, D Denpasar, Telp: 0361-422335
c. Pekanbaru, Jln. Ahmad Yani No 187 Kel. Tanah Datar 28000 Pekanbaru, Telp: 0761-7641321
d. Batam, Graha Pena Building 5th Floor, Suite 510, Jln. Raya Batam Centre, Batam, Telp: 0778-460785
e. Balikpapan, BRI Building 8th Floor, Jln. Jend. Sudirman No 37 Klandasan BalikpapanTelp: 0542-737537
f. Makassar, Graha Pena Building 8th Floor, Suite 807,809-812, Jln. Urip Sumoharjo, No 20 Makassar, Telp: 0411-451510
g. Medan, Visit http://www.easyspeak.co.id
h. Banjarmasin, Visit http://www.easyspeak.co.id

If you meet the qualifications above, please send your resume to the address you are applying for or to our email: easyspeak.recruitment@gmail.com within 2 (two) weeks after this advertisement.

Visit http://www.easyspeak.co.id for further information about our company.

Makasih banyak atas informasinya, ini sangat berguna.
Saya adalah Student of Easy Speak Branch Banjarmasin.

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More