23 March 2011

Antara Kompetensi Akademis dan Soft Skill

Apa yang akan dilakukan mahasiswa ketika mereka sudah menyandang gelar sarjana? Mahasiswa yang lulus dari setiap perguruan tinggi rata-rata akan berlomba-lomba mencari pekerjaan sesuai dengan bidangnya.

Tidak mudah mencari bidang yang sesuai dengan background pendidikan masing-masing. Jika tersedia, maka harus bersaing dengan ribuan orang bahkan puluhan ribu orang yang memiliki tujuan sama. Sayangnya hanya sedikit yang bisa menempati posisi tersebut, khususnya dibidang Pegawai Negeri Sipil.

Untuk bisa lolos dari berbagai seleksi yang dilaksankan oleh pihak dunia kerja, tentunya ada nilai plus yang harus dimiliki. Apa sebenarnya nilai plus yang wajib kita miliki tersebut? Indeks Prestasi Komulatif (IPK)? Mungkin salah satunya.

Tapi sebenarnya IPK yang kita miliki bukanlah sebuah jaminan untuk keberhasilan kita menuju ke tahap akhir seleksi untuk menjadi pemenang.

Ada sebuah keterampilan atau soft skill yang harus dimiliki untuk dapat menyakinkan dunia kerja memilih kita. Tidak semua orang memilikinya.

Dunia kerja saat ini memburu mereka yang memiliki soft skill daripada mereka yang memiliki IPK tinggi. Karena dalam dunia kerja, mereka membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu berkomitmen. Dunia kerja lebih condong pada kerja sama tim yang pada akhirnya bisa menciptakan kesuksesan bersama.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More