18 January 2011

Ternyata Diperlukan “Leadership”

Walaupun setiap manusia itu adalah pemimpin, belum tentu ia bisa memimpin orang lain atau dirinya sendiri. Kepemimpinan adalah keterampilan karena bisa dikembangkan lewat berbagai training-training. Tapi ada juga kepemimpinan yang memang berasal bawaan dari lahir. Sungguh beruntung orang tersebut.

Bagi orang yang tidak memiliki jiwa kepemimpinan harus berusaha sekeras mungkin agar dirinya mampu jadi seorang pemimpin, minimal pemimpin bagi dirinya sendiri. Ini memang sulit bagiku, karena aku salah satu manusia yang tidak berkembang jiwa kepemimpinannya.

Menurut saya, jiwa kepemimpinan tersebut lahir dari lingkunan dan cara didik orang tua. Karena seorang anak itu berkembang dan mengikuti dari lingungan sekitarnya. Selain itu, faktor pengalaman masa lalu juga sangat berpengaruh.

Bersyukurlah bagi orang-orang yang memiliki jiwa kepemimpinan sejak kecil. Karena bagi kita yang tidak memilikinya dituntut untuk segera memilikinya karena berbagai alasan dan kepentingan masa depan.

Salah satu contoh sederhana adalah bagi mereka yang ingin studi di Australia syaratnya harus memiliki jiwa kepemimpinan. Pemerintah Australia membuka bagi kamu-kamu yang ingin belajar di Negeri Kangguru ini melalui Australian Development Scholarship dan Australian Leader Award. Dari nama programnya sudah jelas bahwa peserta yang diharapkan adalah seseorang yang memiliki jiwa pemimpin.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More