21 October 2011

Belajar Bikin Sebuah Teori

Kadang saya berfikir bagaimana Indonesia kedepannya. Ada perasaan khawatir dan takut dengan masa depan negeri ini yang selalu terus-menerus dikeruk sumber daya alamnya.

Negeri kita memang kaya akan sumber daya alam. Tapi ironisnya, rata-rata rakyatnya miskin. Kemana sebenarnya sumber daya alam yang kita miliki?

Sumber daya alam itu terbatas, jika terus-terusan digali, maka suatu saat nanti pasti akan habis. Contohnya seperti tambang batu bara. Bukan hanya akan habis tapi juga menimbulkan dampak lingkungan.

Dalam situasi dan kondisi seperti itu, saya bersikap optimis saja bahwa kedepannya Indonesia akan bisa lebih maju. Walaupun sumber daya alam kita selalu dikuras oleh pihak asing hingga akhirnya habis.

Mengapa demikian?

Karena bangsa kita ini akan bisa berfikir dalam kondisi yang tergesa-gesa atau kepepet. Karena sumber daya alam yang melimpah, akhirnya menjadikan bangsa ini malas dan tidak mau berkreasi dengan kreatif dan inovatif.

Jika suatu saat nanti sumber daya alam ini sudah habis, maka negeri ini akan benar-benar kekurangan dan akhirnya secara otomatis bangsa ini akan mencari solusi untuk mengatasi masalah ini untuk mempertahankan hidup rakyatnya.

Dalam kondisi seperti inilah pemerintah akan terpancing untuk berfikir bagaimana caranya untuk mensejahterakan semua warga negara sehingga setelah itu tercapai maka pertumbuhan pun secara otomatis akan meningkat.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More