08 September 2011

Masa Lalu yang Membentuk Masa Kini

Masa lalu begitu kuat perannya terhadap kepribadian yang kita miliki. syukur-syukur kalo masa lalunya menyenangkan, coba mereka yang memiliki masa lalu yang kelam dan pahit. Sudah pasti dia akan terlahir sebagai manusia yang memiliki kepribadian sedikit berbeda dan unik. Bahkan bisa menimbulkan banyak kepribadian dalam dirinya.

Mungkin itu sudah takdir saya mengalami pengalaman yang kurang menyenangkan. Hingga sekarang baru saya sadari ternyata kepribadian selama ini dibentuk oleh pengalaman yang telah saya alami waktu masih kecil dulu. Saya tidak mau menceritakannya pengalaman saya tersebut karena saya rasa tidak terlalu penting untuk dishare di sini.

Hal yang saya harus lakukan adalah beradaptasi dengan lingkungan sekitar dan memahami setiap karakter manusia agar saya bisa diterima dan dihargai. Setiap manusia memang memiliki kepribadian yang berbeda-beda, dari sanalah kita bisa belajar menghargai satu sama lainnya.

Akan terasa sangat berat untuk mengubah karakter itu, karena itu terbentuk dari pengalaman yang telah kita alami selama hidup dan dipengaruhi oleh lingkungan, khususnya keluarga sendiri. Di sini saya belajar bahwa karakter manusia itu terbentuk dari pola asuh orang tua. Jadi apapun yang terjadi pada kita, itu pengaruh dari didikan orang tua. Jadi kita harus mensyukuri dan membuat pandangan kita yang negatif menjadi positif. Maksudnya, ketika kepribadian kita terbentuk oleh trauma atau pengalaman yang pahit, kita harus bisa menerima dan menganggap itu adalah sebuah pelajaran yang jangan sampai kita lakukan lagi pada generasi berikutnya (anak-anak kita).

Be your self... ;)

1 comments:

jadikanlah masa lalu kita sebagai cerminan untuk melangkah di masa depan. :)

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More