08 December 2011

Keranjang Belanja Mempengaruhi Pengeluaran Saat Belanja

Menurut pengalaman pribadi saya, saat kita berbelanja di Supermarket tanpa membawa daftar belanja dan tanpa perencanaan untuk memastikan barang apa saja yang akan dibeli, maka kita akan sangat kacau dalam berbelanja. Bisa-bisa melebihi budget yang sudah kita tetapkan.

Tahukah kamu, ternyata ketika kita melakukan praktik belanja seperti di atas, ada beberapa hal yang mempengaruhi pengeluaran saat belanja di Supermarket. Salah satunya adalah berbelanja tanpa keranjang belanja yang disediakan dan pakai keranjang belanja. Dari kedua cara ini yang lebih berpotensi menghabiskan budget kita adalah belanja dengan menggunakan keranjang belanja.

Mengapa demikian? Sesuai pengalaman pribadi saya, saat saya belanja tanpa keranjang belanja saya hanya menghabiskan uang sekitar Rp 20.000,- s.d. Rp 30.000,- saja. Tapi ketika saya mencoba pakai keranjang belanja untuk menampung barang-barang belanjaan saya, saat mau bayar ternyata tanpa disadari total yang harus saya bayar di kasir adalah lebih dari Rp 50.000,-.

Menurut saya ini disebabkan karena beberapa faktor, yang pertama adalah karena tidak membuat daftar belanja, sedangkan yang kedua adalah karena saat kita memakai keranjang belanja maka daya tampung barang belanja bisa lebih besar tanpa kita sadari. Lain halnya ketika kita mengadalkan tangan saja untuk membawa barang belanjaan, semakin banyak barang yang kita beli semakin terasa berat pula membawanya.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More